CONTOH PENUTUP

BAB V
PENUTUP

4.1.   Kesimpulan
Dalam bab ini penulis dapat menyimpulkan apa yang telah dipelajari dan dilaksanakan selama Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dari awal hingga akhir kegiatan yaitu sebagai berikut :
1. Kegiatan PRAKERIN sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMKNSukoharjo. Dengan adanya kegiatanPRAKERIN siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampuberinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memilikiketerampilan serta wawasan yang tinggi.
2.  PRAKERIN merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan instansi/perusahaan atau industri, sehingga siswa-siswi dapatberlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
3.    PRAKERIN dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengahyang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa- siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan dirisecara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telahdiperolehnya, dalam kehidupan sehari-hari.
5.Dalam suatu organisasi atau instansi, komunikasi kantor merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk tercapainya tujan yang diinginkan oleh karena itu kerjasama dari antara bagian merupakan salah satu perwujudan sikap yang akan meningkatkan kemajuan tugas operasional suatu perusahaan.
6.   Pertahankan kedisiplinan yang tinggi karena kedisiplinan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kemajuan suatu perusahaan.

4.2.   Saran-saran
Beberapa hal yang penulis temukan dilapangan saat pelaksanaan Prakerim sebagian kecil justru tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Terkait denganini penulis ajukan beberapa saran antara lain :
4.2.1.   Saran untuk sekolah
1.   Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi didunia kerja. Dengan demikian peserta PRAKERIN dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2.   Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
3. Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerjayang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengandemikian apabila siswa melakukan PRAKERIN pada instansi sehinggapara siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
4.   Hendaknya Guru pembimbing harus lebih sering memotoring keperusahaan dimana siswa-siswi yang ingin melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN)

Demikian Laporan PRAKERIN ini penulis sampaikan, mohon maaf jika dalam pembuatan laporan ini banyak kesalahan dan semoga laporan ini bermanfaat bagipembaca, khususnya siswa-siswi SMKN Sukoharjo.





Jika ingin download dengan format Word Document,, silahkan download di bawah ini

0 Komentar untuk "CONTOH PENUTUP"

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info