BAB V
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Dalam bab ini penulis dapat menyimpulkan apa
yang telah dipelajari dan dilaksanakan selama Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
dari awal hingga akhir kegiatan yaitu sebagai berikut :
1. Kegiatan PRAKERIN sangat bermanfaat bagi para siswa-siswi khususnya siswa-siswi SMKNSukoharjo. Dengan adanya kegiatanPRAKERIN
siswa di tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampuberinteraksi
dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memilikiketerampilan serta wawasan yang
tinggi.
2. PRAKERIN merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan instansi/perusahaan
atau industri, sehingga siswa-siswi dapatberlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
3. PRAKERIN dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengahyang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa- siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan dirisecara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telahdiperolehnya,
dalam kehidupan sehari-hari.
5.Dalam
suatu organisasi atau instansi, komunikasi kantor merupakan salah satu hal yang
sangat penting untuk tercapainya tujan yang diinginkan oleh karena itu
kerjasama dari antara bagian merupakan salah satu perwujudan sikap yang akan
meningkatkan kemajuan tugas operasional suatu perusahaan.
6. Pertahankan
kedisiplinan yang tinggi karena kedisiplinan merupakan salah satu hal yang
sangat penting untuk kemajuan suatu perusahaan.
4.2. Saran-saran
Beberapa hal yang
penulis temukan dilapangan saat pelaksanaan
Prakerim sebagian kecil justru tidak penulis temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas.
Terkait denganini penulis ajukan
beberapa saran antara lain :
4.2.1. Saran
untuk sekolah
1. Sekolah
perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang
relevan dengan perkembangan teknologi didunia kerja. Dengan demikian peserta
PRAKERIN dapat mengaplikasikan ilmu
dan keterampilan yang diperoleh
secara maksimal.
2. Dalam
penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya
mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat
mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
3. Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerjayang berlaku pada instansi pemerintah maupun swasta. Dengandemikian apabila siswa melakukan PRAKERIN pada instansi sehinggapara siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
4. Hendaknya
Guru pembimbing harus lebih sering memotoring keperusahaan dimana siswa-siswi
yang ingin melaksanakan Praktek Kerja industri (PRAKERIN)
Demikian Laporan PRAKERIN ini penulis sampaikan, mohon
maaf jika dalam pembuatan laporan ini banyak kesalahan dan semoga laporan ini
bermanfaat bagipembaca, khususnya siswa-siswi SMKN
Sukoharjo.
0 Komentar untuk "CONTOH PENUTUP"